PEMILIHAN DUTA INSTITUT – INSTITUT PERTANIAN BOGOR PERIODE 2014-2015

Duta atau Ambassador adalah orang yang dipilih langsung oleh suatu lembaga atau organisasi/ kelompok untuk mewakili kepentingan lembaga atau organisasi/kelompok tersebut, baik mewakili secara terbatas sesuai dengan tuntutan lembaga/organisasi yang bersangkutan, maupun secara penuh sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan. Untuk itu setiap DUTA harus mengerti dan memahami benar tugas yang dibebankan kepadanya.

Selain itu, karena DUTA adalah representasi dari lembaga/organisasi, maka yang bersangkutan harus mewakili karakter atau image dari lembaga/organisasi tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Seorang Duta Lingkungan misalnya, dia harus mengerti segala sesuatu tentang persoalan lingkungan. Jika yang bersangkutan adalah Duta Lingkungan Indonesia, maka dia harus memahami sejarah Indonesia secara keseluruhan, sejarah lingkungan, permasalahan, dan cara mengatasinya. Duta Lingkungan tersebut juga dapat mengkampanyekan semua gerakan yang berkaitan dengan lingkungan di Indonesia dan dunia.

Demikian juga halnya dengan Putri Indonesia, misalnya. Sosok dan penampilannya harus menampilkan ciri ke-Indonesiaan, baik dalam hal budaya, bahasa maupun tutur katanya. Dengan kata lain, yang bersangkutan mewakili sosok orang Indonesia di dunia luar/ internasional. Demikian juga dengan Miss Indonesia, Miss Earth, Putri Pariwisata Indonesia, L-Man dan sejenisnya.

Bagaimana dengan DUTA ISNTITUT dari INSTITUT PERTANIAN BOGOR ?
Apakah yang bersangkutan mewakili IPB sebagai sebuah Institusi yang bertaraf nasional, bahkan internasional ? Sejauh mana DUTA INSTITUT mewakili IPB sebagai institusi, sebagai salah satu institusi perguruan tinggi yang sangat diandalkan di bidang pertanian ?

Atau DUTA INSTITUT, mewakili mahasiswa IPB yang energik, intelek, memiliki wawasan yang luas tentang dunia pertanian, dan memiliki akhlak dan budi pekerti yang tinggi? Seorang generasi muda Indonesia yang layak diteladani dan berpenampilan menarik baik dari segi intelektulitas/keilmuannya sebagai seorang mahasiswa yang layak untuk ditiru, maupun dari segi penampilan yang menarik untuk diikuti.

PESERTA
Peserta DUTA INSTITUT untuk periode 2014-2015 adalah mahasiswa berprestasi yang berasal dari 36 departemen yang ada di lingkungan IPB, masih aktif sebagai mahasiswa (baik pria maupun wanita) dan sedang tidak dalam cuti (pada saat pemilihan berlangsung). Selain itu, mereka direkomendasikan oleh departemen masing-masing yang dibuktikan dengan surat resmi.

Peserta yang terpilih menjadi calon DUTA INSTITUT, ditentukan oleh masing-masing departemen yang berada di bawah ruang lingkup IPB. Panitia pelaksana Pemilihan DUTA INSTITUT IPB tidak berhak memilih dan menentukan sendiri. Panitia hanya berhak menerima dan menyelenggarakan pendidikan dan seleksi yang dibantu oleh sejumlah Dewan Juri. Peserta yang yang sudah terpilih menjadi calon DUTA INSTITUT wajib mengikuti serangkaian program kegiatan yang sudah disusun oleh panitia penyelenggara. Panitia berhak menggugurkan hak keikutsertaan jika calon DUTA INSTITUT tidak dapat mengikuti seluruh atau sebagian program kegiatan yang sudah disusun oleh panitia penyelenggara, baik pada awal masa kegiatan maupun ditengah-tengah masa kegiatan sedang berjalan. Keputusan atas ini mutlak berada di tangan panitia penyelenggara setelah diadakan rapat internal panitia penyelenggara.
MEKANISME
1. Tiap Peserta mendaftarkan diri pada panitia dengan membawa surat rekomendasi dari jurusan
2. Mengisi formulir sesuai dengan format yang sudah disediakan dengan menggunakan huruf balok dan tinta warna hitam
3. Mengikuti seluruh kegiatan sesuai dengan yang sudah dijadwalkan
4. Memakai seragam dan atribut lainnya sesuai dengan fungsinya dalam mengikuti seluruh kegiatan yang sudah dijadwalkan dan dibagikan oleh penitia penyelenggara
5. Seluruh peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok memiliki ketua yang dipilih dari anggota kelompok. Tiap kelompok didampingi oleh seorang Koordinator Kelompok.
6. Mengerjakan tugas yang diberikan oleh instruktur
7. Membuat laporan sesuai dengan tugas yang diberikan kepada Koordinator Kelompok masing-masing
8. Menerima secara mutlak hasil keputusan dewan juri/tim penilai.

Komunikasi dalam penyelenggaraan pemiihan DUTA INSTITUT antara peserta dengan panitia penyelenggara dapat dilakukan dalam beberapa cara, antara lain:

a. Melalui email group: panitiadutaipb@yahoogroups.com
b. Grup WA: CALON DUTA INSTITUT, IPB
c. Nomor telpon: 08979 022 789
d. Pemberitahuan langsung

Komunikasi melalui keempat cara di atas dapat dilakukan setiap hari selama masa kegiatan berlangsung.

Setelah panitia penyelenggara menerima data nama calon DUTA INSTITUT dari setiap departemen, maka panitia akan menghubungi calon yang bersangkutan melalui email, dan para peserta diminta untuk mengisi formulir dalam bentuk lampiran email tersebut. Pengembalian formulir dilakukan dengan me-replay email panitia yang sudah disertakan dengan lampiran yang sudah diisi sesuai dengan permintaan panitia pada batas tanggal pengembalian.

Jika diperlukan, panitia sewaktu-waktu dapat meminta tambahan data di luar yang sudah ditentukan melalui ketiga alat komunikasi di atas, dan peserta yang bersangkutan wajib memenuhinya.

Program Kegiatan yang sudah disusun wajib diikuti oleh seluruh peserta calon DUTA INSTITUT.

KEGIATAN
Kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh calon DUTA INSTITUT adalah Pelatihan/Olah Fisik, Image Making, Sejarah IPB, Pengenalan Fakultas/Departemen yang berada di bawah lingkup IPB, Self Management, Performance and Etiquette, Personal Branding dan Communication and Public Speaking, serta Pengenalan Himpunan Alumni (HA) IPB. Sebelumnya tentu dilakukan pertemuan pendahuluan/Ice Breaking.

2014-12-20 Surat Permohonan kesediaan menjadi juri -page-001 2014-12-20 Surat Permohonan kesediaan menjadi juri -page-002

DSC07611 DSC07623a DSC07660