“Shinnenkai”, acara silaturahim Tahun Baru  2014 Persada Cabang Bogor

Perhimpunan Alumni dari Jepang, PERSADA Cabang Bogor setelah sekian lama vakum dari beragam kegiatan, Sabtu 4 Januari menggebrak awal tahun 2014 dengan mengadakan acara silaturahim antar anggota yang disebut dengan “shinnenkai”. Acara tersebut digelar di auditorium Common Class Room (CCR) TPB IPB Jl Meranti Kampus IPB Dramaga. “Shinnenkai”, bahasa Jepang yang berarti pertemuan atau acara pesta di awal tahun. Biasanya masyarakat Jepang dalam grup-grup kerja di kantor, atau kelompok mahasiswa/dosen di kampus, dan kelompok lain-lain mengawali kegiatan awal tahun dengan melaksanakan makan-minum bersama di restoran-restoran.

Acara “shinnenkai” ini diinisiasi oleh mantan Ketua Persada periode 2000-2004, Prof Hadi Susilo Arifin. Beliau juga pencetus acara “Bonenkai” Persada Cabang Bogor dan Hotel Salak, yang pada akhirnya setiap akhir tahun dilaksanakan oleh Hotel Salak. Adapun yang menjadi Host Shinnenkai kali pertama ini  adalah Rektor IPB, Prof Herry Suhardiyanto. Acara ini didukung secara volunteery (sukarela) oleh alumni senior dan junior (Senpai dan Kohai), juga dukungan Agrianita, khususnya isteri-isteri para alumni dari Jepang. Selain acara utamanya adalah silaturahim antar anggota, juga dimanfaatkan sekaligus untuk pemilihan Ketua Persada Cabang Bogor periode 2014-2016. Acara ini diramaikan oleh bazar makanan Jepang dari Agrianita dan ibu-ibu alumni Jepang, serta pameran pernak-pernik Jepang, kelas demo ikebana (merangkai bunga), kelas origami (seni melipat kertas) dan disediakan yukata (kimono musim panas) yg bisa digunakan pengunjung untuk berfoto. Acara Shinnenkai, dibuka untuk umum. “Jika acara ini bermanfaat, maka akan diselenggarakan juga di tahun-tahun selanjutnya dengan persiapan yang lebih matang dan jangkauan sasaran peserta, pengunjung yang lebih luas”, tukas Hadi.

Shinnenkai 2014 di Kampus IPB Dramaga ini dihadiri oleh 84 alumni dari Universitas Jepang dan keluarganya. Sehingga total pengunjung tidak kurang dari 200 orang. Melalui acara ini juga telah terpilih Ketua Persada Cabang Bogor. periode 2014-2017 adalah Dr. Faiz, Alumni dari Tsukuba University, Japan.

Dai-senpai, Herry Suhardiyanto Sensei is signing on presence poster

Dai-senpai, Herry Suhardiyanto Sensei is signing on presence poster

Opening and introduction of 2014 Shinnenkai of Bogor Branch PERSADA

Opening and introduction of 2014 Shinnenkai of Bogor Branch PERSADA

Student participants of 2014 Shinnenkai at KIMONO corner

Student participants of 2014 Shinnenkai at KIMONO corner

Interviewed by Green TV reporter regarding 2014 Shinnenkai activity.

Interviewed by Green TV reporter regarding 2014 Shinnenkai activity.