[FPALI163] REKA BARU DESAIN INDONESIA (RBDI) KEMENPAREKRAF
DARI Rustam Hakim

Dear para Arsitek Lansekap di Indonesia.

Diharapkan partisipasi dan keikutsertaan para Arsitek Lansekap Indonesia untuk mengikuti LOMBA REKA BARU DESAIN INDONESIA (RBDI) 2013 yang di adakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dibawah ini saya sampaikan sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, dalam Gelar Selekasi Reka Baru Desain Indonesia 2013.

Jakarta (Antara) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar seleksi Reka Baru Desain Indonesia (RBDI) 2013 untuk menjaring bakat dan karya desain kreatif anak bangsa.

“Melalui RBDI ini kami harapkan timbul talenta baru di bidang desain yang semula belum muncul, karena kita belum memberi apresiasi dan mengetahui apa hambatan mereka,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu di Jakarta, Rabu. Ia menambahkan dari ajang itu, karya-karya akan difasilitasi dengan pengembangan kapasitas agar dapat tercapai nilai ekonomi dan sosialnya.

Program itu, kata dia, merupakan salah satu bentuk fasilitasi pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif Indonesia untuk memacu generasi muda yang memiliki talenta sebagai desainer Indonesia.

“RBDI tahun ini memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi para peserta dalam mengembangkan kreativitasnya dan membuka partisipasi masyarakat yang memiliki unsur lokal yang kuat pada bidang desain,” katanya. Desain meliputi arsiektur dan arsitektur lansekap, desain interior, desain mode, desain komunikasi visual, desain produk, dan desain kemasan.

Tahun 2013 RBDI mengambil tema Indonesia Design Power yang sekaligus diharapkan mampu berkontribusi positif terhadap peningkatan desain inovatif Indonesia baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Kekayaan tradisi budaya dan kearifan lokal Indonesia adalah salah satu inspirasi utama dari karya desain kita,” katanya. Oleh karena itu, salah satu tujuan RBDI adalah menjadi wahana yang dapat memunculkan wajah-wajah baru dalam dunia desain Indonesia yang berdaya saing tinggi.

“Wajah baru ini juga kami harapkan mampu tumbuh dan berkembang maksimal melalui peningkatan kapasitas secara berkelanjutan,” katanya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menemukan dan memetakan karya desain potensial dan kreatornya dalam rangka memberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal melalui program pengembangan kapasitas secara berkelanjutan, sehingga kuantitas karya desain dan kreatornya semakin banyak dan kualitasnya pun semakin baik.

Apresiasi untuk pemenang lomba yaitu 50 Desainer terpilih dan karyanya akan diberikan program pengembangan kapasitas secara berkesinambungan dan dimasukkan ke dalam database Indonesia Kreatif dan juga berhak mendapatkan:

Mentoring
Training di dalam dan/atau di luar negeri dalam bidang: kreatif, branding, kewirausahaan, manajemen, produksi, pemasaran (konvensional dan digital), ekspor-impor dll.
Business Matching dengan: produser, financial intermediary (bank, venture capital, angel investor dll), buyer.
Field Trip ke luar negeri untuk mengikuti program short course maupun melihat sentra-sentra industri kreatif.
Fasilitasi Pameran di dalam dan luar negeri.
Fasilitasi HKI
Grant untuk membiayai prototyping ataupun sebagai seed capital.
(Plakat / Piagam)

PENJELASAN LEBIH LANJUT LIHAT WEBSITE http://www.rbdi.org/

PARTISIPASI TEMAN2 ARSITEK LANSEKAP INDONESIA KAMI NANTIKAN

SALAM
KURATOR RBDI
Dr. Ir. Rustam Hakim Manan, MTSP
Department of Landscape Architecture
Faculty of Landscape Architecture and Environmental Technology
UNIVERSITAS TRISAKTI – Jakarta – INDONESIA
jl. Kiai Tapa no 1 Jakarta 11440 – INDONESIA
Fax : +62 – 21 – 83783905
Mobile : +62 – 8111 – 94907
Email : bangrus04@yahoo.com
Blogg : http//www.rustam2000.wordpress.com