PEJUANG LOKAL, Bintang dalam Lomba Penulisan Sampoerna Pejuang 9 Bintang

Jakarta, 27 Juli 2010 – Sesuai semangat Sampoerna Kretek yaitu Pertemanan dan Kebersamaan, brand yang peduli pada pemberdayaan komunitas ini menyelenggarakan Lomba Penulisan Sampoerna Pejuang 9 Bintang. Pendaftaran program ini dimulai dari 27 Juli hingga 30 September mendatang dan terbuka untuk media cetak dan online di 4 wilayah di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sosialisasi akan dilakukan di beberapa kota, yakni Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon, Purwokerto, Tegal, Magelang, Solo, Jember, Malang, Probolinggo, Pamekasan, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Total hadiah yang diperebutkan  berupa uang tunai sejumlah 108 juta rupiah dan trofi.

Berbeda dengan lomba-lomba penulisan yang ada, Lomba Penulisan Sampoerna Pejuang 9 Bintang akan mengangkat sosok pejuang lokal yang memberikan kontribusi bagi komunitas sekitarnya melalui media. Dengan lomba penulisan bagi media ini, diharapkan pejuang lokal dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat dalam lingkup yang lebih luas.

Menurut Yasin Tofani Sadikin, selaku Marketing Manager Sampoerna Kretek, ”Para pejuang lokal ini patut mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, terlebih lagi media massa. Kami pun ingin memberikan motivasi bagi media massa khususnya media cetak dan online untuk membantu ’menemukan’ potensi-potensi tersembunyi di komunitasnya yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan, manajemen lingkungan dan teknologi energi terbarukan, ” ungkap Tofani sapaan akrab Yasin Tofani Sadikin.

Prof.Dr.Ir.H. Hadi Susilo Arifin, MS.,Dipl.RLE yang biasa disapa Prof. Hadi selaku  wakil juri dengan keahlian pada Ekologi Lanskap dan Manajemen Lingkungan serta Pemerhati  Pemberdayaan Komunitas menambahkan, ”Ada beberapa indikator dalam kriteria Pejuang Lokal yang kami lihat seperti seberapa besar dampak manfaat yang diberikan serta aktifitas yang dilakukan bisa terealisasi secara swadaya oleh masyarakat atau komunitasnya. Yang terpenting bagaimana dukungan komunitas terhadap aktifitas dan karya pejuang lokalnya. Ini dapat menjadi indikator pengakuan komunitas terhadap karya dan kegiatan pejuang lokal tersebut serta keberlanjutannya”.

Mayong S. Laksono selaku jurnalis senior sekaligus wakil juri menimpali, ”Lomba Penulisan Sampoerna Pejuang 9 Bintang oleh Samperna Kretek ini menekankan juga kepada bobot dan kualitas dari tulisan yang diangkat oleh media.”

Sebagai penutup, Tofani tidak lupa menambahkan,“Hadiah dari lomba penulisan Sampoerna Pejuang 9 Bintang tidak saja diterima oleh penulis yang menang, tetapi juga pejuang lokal yang dijadikan sebagai sumber inspirasi penulisan.”

-selesai-

Untuk informasi lebih lanjut:

Wigra Hanafiah

Media Relations Executive

PT. HM Sampoerna Tbk

Telp.021-515-1234

Faks. 021-515-2234

E-mail: wigra.hanafiah@sampoerna.com

Ruth Andriani/Keshia Narindra

Prasasta Reputation Management

Tel:   (021) 7592-2934

Faks: (021) 7592-2935

Email: ruth@prasasta.com atau

keshia@prasasta.com